Membahas Tentang Smartphone Android dan Seputar Blogging

Sunday, November 12, 2017

4 Situs Gratis untuk Riset Keyword yang Digunakan para Mastah Blogger

ilustrasi tulisan riset keyword

Riset keyword merupakan salah hal yang penting juga dalam dunia Internet Marketing. Dimana ketika produk milik Anda ingin dipublish ke publik, maka Anda harus mengetahui dahulu keyword yang cocok dan pas untuk produk tersebut.

Untuk dunia blogging sendiri, riset keyword amatlah berpengaruh terhadap posisi artikel-artikel Anda pada mesin pencari google maupun traffik pengunjung yang akan mendatangi blog Anda.

Untuk melakukan riset keyword, ada 2 cara yaitu dengan situs gratis/berbayar dan tool gratis/berbayar. Untuk kali ini, Saya akan membertahukan kepada Anda beberapa situs yang digunakan untuk riset keyword

 

4 Situs Gratis untuk Riset Keyword yang Digunakan para Mastah Blogger

  • Google Keyword Planner

Selain digunakan untuk mengiklankan produk ataupun wesbsite, Google Adword juga mempunyai situs pendamping yang berfungsi untuk research keyword secara gratis juga yakni Google Keyword Planner.

Agar bisa menggunakan Google Keyword Planner, Anda diharuskan untuk mendaftar akun Google Adword dahulu. Namun, menurut Saya sekarang ini untuk mendaftar akun tersebut sedikit susah, jika Anda tidak tahu triknya.

Kenapa lumayan susah ?

Karena,sekarang ini untuk mendaftar akun Adword itu Anda diwajibkan untuk membuat iklan website/produk Anda dan memperkirakan budget yang dibutuhkan itu berapa.

Jika Anda masih awam, mungkin Anda akan kebingungan dengan hal tersebut bukan. Untuk mendaftar akun adword, Anda kunjungi link ini www.adwords.google.com/home/. 

Setelah Anda berhasil membuat akun di Google Adword, selanjutnya Anda masuk pada situs www.adwords.google.com/intl/id_id/home/tools/keyword-planner/ untuk memulai melakukan research keyword.

Google Keyword Planner ini memiliki fitur yang lumayan lengkap juga untuk melakukan reaearch keyword, mulai dari jumlah volume pencarian keyword (per bulan), persaingan keyword (Low-High), dll.

Anda juga bisa menyetel pengaturan untuk research keyword pada situs ini, seperti negara mana yang Anda target, persaingan keywordnya, volume pencariannya, dll.

  • Keywordtool

Merupakan situs research/riset kata kunci yang bisa Anda gunakan, namun tidak gratis alias berbayar. Anda diwajibkan membayar sekitar $88 untuk menggunakan fiturnya secara full/Pro dalam 1 bulan.

Namun, menurut director SEO dan pakar SEO luar negeri sangat menyarankan situs ini untuk melakukan riset keyword. Jika Anda ingin mencoba, Anda dapat mengunjungi link berikut www.keywordtool.io

  • Ubersuggest

Situs research keyword kedua ialah Ubersuggest.io . Pada situs ini, Anda bisa melakukan research keyword dengan mudah dan gratis Anda bisa menargetkan keyword tersebut di negara mana.

Selain itu, Anda juga dapat menyetel apakah keyword tersebut berbentuk web, gambar, berita, dll.

Cara research keyword dengan ubersugest ini adalah,
  1. Masuk ke situs ubersugget.io
  2. Anda tuliskan keyword yang diinginkan pada kolom yang disediakan.
  3. Anda setting keyword tersebut berkategorikan apa dan target keyword tersebut negara mana.
  4. Lalu, klik suggest dan tunggu sejenak. Kumpulan keyword tersebut akan muncul dibawahnya.

  • Keywordeverywhere

Situs research terakhir, ialah Keywordeverywhere. Merupakan situs yang dapat Anda gunakan untuk melakukan research keyword secara gratis dan tentunya gampang untuk digunakan.

Cara research/riset keyword dengan situs ini adalah,
  1. Anda masuk pada situs ini https://keywordseverywhere.com/ke/7/manual.html
  2. Anda tuliskan keyword yang diinginkan dan klik Get Search Volume and CPC.
Sebenarnya, situs ini akan lebih sempurna lagi jika Anda menggandengnya dengan situs Ubersuggest.io .

Karena, ketika Anda menuliskan kalimat/kata keyword pada situs keywordeverywhere, keyword yang dihasilkan jumlahnya sama dengan keyword yang dituliskan. Misalkan Anda menuliskan 1 keyword, maka hasilnya juga akan 1 keyword saja.

Berbeda dengan ubersuggest, jika Anda menuliskan 1 kata/kalimat, maka keyword yang dihasilnkan akan mencapai puluhan bahkan ratusan keyword turunannya.

Nah, berikut ini adalah ara menggunakan ubersuggest dan keywordeverywhere untuk research/riset keyword secara bersaman.
  1. Anda masuk ke situs ubersuggest.io dan lakukan research keyword seperti biasanya.
  2. Setelah hasil riset keyword tersebut muncul, Anda klik ‘View as text’.
  3. Kemudian, Anda copy semua keyword yang ada.
  4. Selanjutnya, Anda masuk ke situs https://keywordseverywhere.com/ke/7/manual.html dan pastekan hasil riset keyword dari ubersuggest tadi dan klik Get Search Volume and CPC.

Akhir Kata .....

Anda dapat menggunakan salah satu/semua situs diatas untuk melakukan riset keyword pada blog milik Anda. Sekian saja artikel Saya yang berjudul 4 Situs Gratis yang Digunakan para Mastah Blogger untuk Riset Keyword.

0 Comments:

Post a Comment

 

Teknologi

Resources

Travel